Stay connected:
Mengenal Jenis Bekam dan Manfaatnya

Mengenal Jenis Bekam dan Manfaatnya

Anda pasti sering mendengar teknik pengobatan dengan cara bekam. Terapi pengobatan ini merupakan terapi paling tua yang pernah dilakukan. Bahkan, dalam Islam pun, teknik bekam sangat dianjurkan. Lantas apakah memang ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Bpengobatan dengan cara bekamerikut penjelasannya.

Bekam kering

Jika dulu, terapi bekam dilakukan dengan cara tradisional. Dimana kapas yang dibakar dimasukan ke dalam gelas bekam, kemudian langsung ditempelkan pada beberapa titik di tubuh. Namun saat ini, jenis bekam sendiri ada dua macam. Salah satunya adalah bekam kering. Terapi bekam yang dilakukan dengan cara menghisap permukaan kulit pada beberapa titik tubuh sesuai dengan keluhan.

Penggunaan alatnya pun juga lebih modern, yakni cawan bekam dengan beberapa ukuran tertentu. Setelah itu, permukaan kulit akan ditarik oleh udara yang ada di dalam cawan. Kemudian, pompa akan dilepaskan. Gerakan teknik bekam ini akan membuat nyaman pasiennya. Bahkan beberapa bilang, terapi ini mirip dengan teknik pijat pada umumnya.

Bekam basah

Jenis yang kedua adalah bekam basah yang sebenarnya menggunakan teknik dan alat yang sama. Bedanya hanya saat cawan sudah melekat pada kulit, maka akan ditarik. Kemudian kulit akan ditusuk dengan jarum sehingga mengeluarkan darah. Darah yang keluar itulah merupakan darah kotor dan menjadi teknik penyembuhan penyakit.

Manfaat bekam

Mungkin cara bekam terlihat sedikit menakutkan. Namun bekam sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini, manfaat bekam yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi tubuh yang lelah

Manfaat bekam yang pertama adalah lebih merilekskan tubuh yang lelah. Bahkan, nyeri, pegal, dan kaku bisa diatasi dengan terapi bekam ini. Pasalnya, terapi pengobatan ini akan menyedot dan mengeluarkan semua darah kotor. Sehingga tubuh akan terasa lebih enteng dan nyaman serta lebih sehat.

  1. Mengeluarkan racun di dalam tubuh

Racun yang menumpuk di dalam tubuh akan mengganggu sistem kerja tubuh. Maka tidak heran, penumpukan racun bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun, dengan adanya terapi bekam, racun di dalam tubuh bisa dikeluarkan. Hal ini merupakan manfaat bekam basah. Darah yang keluar dari teknik tersebut sekaligus mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

  1. Mengendalikan stress

Rasa nyaman yang diberikan setelah melakukan terapi bekam menjadi salah satu manfaat bekam yang penting. Pasalnya, bekam akan menekan beberapa titik tertentu di dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh semakin rileks. Dengan begitu, stress karena aktivitas sehari-hari bisa lebih dikendalikan.

  1. Menyehatkan pembuluh darah

Seperti yang diketahui bahwa pembuluh darah berguna untuk menyalurkan darah dari jantung hingga ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Pembuluh darah yang sehat akan membuat semua kerja organ di dalam tubuh bekerja sempurna. Untuk menyehatkan pembuluh darah, terapi bekam bisa dilakukan.

Manfaat terapi bekam sendiri mampu mengeluarkan gumpalan darah yang ada di pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah akan semakin lancar. Pasalnya, resiko penyakit akan penyumbatan pembuluh darah bisa sangat berbahaya.

  1. Menyehatkan pernafasan

Oksigen yang dihirup memiliki peranan penting untuk tubuh. Namun untuk bisa mendapatkan oksigen maksimal, paru – paru juga harus dalam keadaan yang sehat. Sayangnya, polusi udara saat ini membuat paru – paru menjadi tidak sehat lagi. Namun, terapi bekam bisa mengatasi hal tersebut. Di mana manfaat bekam bisa membuat organ pernafasan lebih sehat. Bukan hanya itu, penderita asma akan jarang kambuh dengan terapi tradisional ini.

 

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone: 021 733 1685 / 0821 8686 1414
Kota Tangerang 15157
Ruko Ciledug Mas No. A3, Karang Timur, Karang Tengah